Mengidentifikasi masalah masalah yang ada di pasar tradisional pamotan.


       Pada tanggal 6 Agustus 2022 saya Sela Avia Nur Wahidah bersama teman saya bernama Dwi Kurniati berkunjung ke pasar Tradisional Pamotan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang ada dipasar tradisonal Pamotan. Saya dan teman saya berangkat dari rumah pukul 07.30 saya dan teman saya sampai pukul 08.00. Kemudian kami langsung masuk ke dalam pasar.  kami mengamati pasar dan memfoto suasana yang ada di pasar tersebut. Setelah kami mengamati pasar kmudian kami Sembari membeli jajanan yang ada di pasar tersebut.  Setelah membeli jajanan kami kembali ke parkiran untuk mengambil sepeda montor dan membayar parkir dan kembali pulang kerumah masing-masing.

 Pasar adalah, proses institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur tempat usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang.

Berikut ini identifikasi masalah yang ada dipasar tradisional pamotann: 

1. Jalan

Fotografer by Dwi kurniati

Jalannya sudah mulai rusak yang bagian selatan dan butuh pembenahan. Jalan ini merupakan penghubung dari jalan raya menuju jalan anatara kios satu dengan kios yang lainya. Kondisi jalan penghubung dari kioss ini ada yang tampak sampah berserakan dan kotor ada juga yang tampak bersih.

2. Bangunan toko



Fotografer by Dwi kurniati

Fotografer by Dwi kurniati

Bangunan toko tertata dengan rapi ada bangunan yang masih kelihatan baru karena direnovasi. Ada juga bangunan yang sudah butuh direnovasi agar kelihatan baru lagi. 

3. Layanan kantor

Fotografer by dwikurniati


Layanan kantor terletak dipinggir jalan dan sangat mudah di jumpai masyarakat.

4. Selokan/sanitasi

Fotografer by dwikurniati

Selokan tersebut sangatlah tercemar dan menyumbat aliran air sehingga air tidak bisa ancar mengakibatkan bau yang tidak enak.

5. Informasi harga produk

                                              _

6. Penjual lesehan.

Fotografer by dwikurniati

Banyak bakul lesehan yang berjualan jaraknyapun sangat berdekatan dengan pedagang lainnya. Sehingga menghambat masyarakat yang ingin melewati jalan tersebut karena pedagang yang sangat dekat dengan jalan.

7. Penataan barang dagangan

Fotografer by dwikurniati

Penataan dagangan sangat rapi dan juga sudah dikemas dengan baik.

8. Jaringan listrik



Fotografer by dwikurniati
 
Jaringan listrikk tersedia di dekat pasar

9. Wastafel


Fotografer by dwikurniati

Tempat cuci tangan berada didepan pasar saat mau masuk ke pasar bagian dalam. Tetapi sudah tidak bisa digunakan karena sudah tidak diurus dan petugasnya abai dengan hal tersebut.

10. Kamar Mandi dan WC

Fotografer by dwikurniati

Kamar mandi terletak agak didalam pasar bagian selatan. Banngunannya sudah perlu direnovasi.

11. Parkir

Fotografer by dwikurniati

Parkiran disana dijaga dengan petugasnya dan membayar 2000 per motor. Tetapi disana parkirnya tidak resmi karena tidak diberi kartu nomor.

12. Kuli pembawa barang 

Fotografer by dwikurniati

Ada berbagai jasa kuli pembawa barang contohnya menggunakan becak,manual di pikul.



13. Denah tata ruang pasar/papan informasi
   
                                           _

14. Tamda baca/ tata ruang

                                           _

15. Tempat sampah sementara

Fotografer by dwikurniati

Fotografer by dwikurniati


Tempat sampah sementara sangat berserakan jika penuh tidak langsung di buang sehingga sampai tumpah-tumpah.


Fotografer by dwikurniati

Tempat akhir sangat memupuk sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.


16. Jarak antar ruko/penjuallesehan

fotografer by dwikurniati

Fotografer by dwikurniati

Fotografer by dwikurniati

Jarak ruko dengan lesehan agak jauh ruko berada di bagian depan pasar sedangkan lesehan berada di sela-sela jalan.

17. Keadaan produk/kemasan

  

                                              

Fotografer by dwikurniati

Produk yang sudah dikemas terjamin kebersihannya, terhindar dari lalat yang hendak hinggap di makanan tersebut.

18. Fasion pedagang


Foto grafer by dwikurniati

Pedagang menggunakan pakaian yang biasa seperti daster tidak yang terlalu wah, dan bila perempuan kebanyakan menggunakan kerudung.

19. Kebersihan toko lesehan


                                            _


20. Fasilitas pemadam kebakaran


Fotografer by dwikurniati

Fasilitas pemadam kebakaran ini terdapat di dalam kantor. Berada di pojok kantor.
21. Label harga dan komposisi gizi.

       

                                         _


22. Tatapan mata pedagang


Fotografer by dwikurniati

Fotografer by dwikurniati

Fotografer by dwikurniati

Tatapan mata pedagang sama seperti biasa umumnya. Tapi seperti pedagang digambar tidak memperlihatkan wajah antara senang dan tidak senang. Ada yang nampak judes dan ada yang nampak baik.

23. Layanan kesehatan

Foto grafer by dwikurniati

Layanan kesehatan ketika ada orang yang sakit bisa langsung dibawa ke Puskesmas depan pasar.

24. Resapan.

    Didepan parkiran paling depan sebelah selatan masih ada pohon yang besar dan pohon kecil lainnya, sehingga bisa menampung air biar tidak banjir.

25. Pungli/pungutan liar

   Pada saat parkir tidak diberi karcis sehingga uang yang dibayarkan bisa juga masuk kedalam kantong penjaga atau juga disebut pungutan liar



26. Transportasi

Fotografer by dwikurniati

Fotografer by dwikurniati
 
Transportasi yang digunakan dipasar yaitu Dokar,becak,Tosa dll.

Kumuh:Kantor,Selokan, Bakul lesehan,Wc/kamar    mandi,Jarak antar toko,Kebersihan                    toko,Aroma,Tempat sampah                                        sementara,Tempat sampah                                      akhir,Transportasi

*Tidak nyaman:Jalan,Toko,Bakul lesehan,Tempat cuci tangan,Parkir,Jasa kuli,Kebersihan toko,Aroma,Tempat sampah sementara,Tempat sampah akhir,Transportasi.

*Yang tidak ada:

-resapan

-Denah tata ruang pasar sangat penting karena dengan adanya denag tata ruang pasar kita bisa mudah untuk menjangkau ke tempat yang kita tuju.

-Layanan kesehatan

-Label harga

*Temuan data:
  Parkir,Wc/kamar mandi

Berdasarkan data hasil pengamatan pasar tradisional pamotan dalam bentuk foto, dapat ditemukan hal-hal sebagai berikut; 


1. Pasar tradisional pamotan masih tampak terlihat kumuh. adapun kekumuhan tersrbut dapat dilihat diantaranya; kantor pasar, selokan, bakul lesehan, kamar mandi/ wac, jarak antar toko, kebersihan toko, aroma pasar,tempat sampah sementara,tempat sampah akhir,dan transportasi pasar. 


2. Pasar tradisional pamotan masih ditemukan keadaan yang tidak nyaman, diantarnya; jalan masuk dan penghubung antar toko, toko, bakul lesehan, tempat cuci tangan, parkir, jasa kuli, kebersihan toko, aroma,tempat sampah akhir,dan transportasi. 


3. Pasar tradisional pamotan tidak terdapat resapan,denah tata ruang,label harga,dan layanan kesehatan

 

4. Pasar tradisional pamotan masih ditemukan pungutan liar dintaranya pada layanan parkir dan wc/kamar mandi.









Nama penulis adalah Dwi Kurniati, Sela Avia nur Wahidan siswi SMA N 1 Pamotan tahun pelajaran 2022/2023.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pedoman Pengamatan dan Pertanyaan Pengaruh Pengaruh Wisata Pantai Karang jahe Dalam Perubahan Sosial desa PunjulHarjo.

Hubungan Rempah dengan Integrasi Sosial.